4 Jenis Kemasan yang Cocok Untuk Anda – Bisnis kuliner saat ini disandang sebagai salah satu usaha yang bisa dibilang menjanjikan, apalagi untuk kalian yang membukanya pada kota besar akan lebih menguntungkan lagi. Namun banyak dari kita bingung untuk menggunakan kemasan apa yang cocok untuk makanan yang kita jual.

4 Jenis Kemasan yang Cocok Untuk Anda

Kemudahan yang telah diberikan oleh teknologi saat ini sangatlah bermanfaat, salah satunya ialah kemasan. Mengapa kami bisa sebutkan bahwa teknologi memberikan dampak yang cukup baik untuk kemasan. Sebab dengan hadirnya teknologi saat ini kemasan menjadi lebih mudah untuk dibuat sedemikian rupa hingga dapat menghasilkan sebuah kemasan makanan yang baik untuk kesehatan.

Salah satu kemasan yang lahir dari teknologi saat ini ialah paper lunch box. Kemasan ini merupakan hasil pembuatan dari teknologi saat ini dengan menggunakan bahan – bahan atau material yang berkualitas sehingga baik untuk makanan ataupun manusia. Selain itu banyak juga kemasan yang hadir dengan sembarangan menjadikan para penikmat makanan mengalami kondisi buruk bahkan dapat merusak ekosistem bumi.

Berikut ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada Anda semua mengenai 4 jenis kemasan yang cocok untuk Anda khususnya pemula dalam bidang usaha kuliner. Apa sajakah itu, mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

  1. Paper Lunch Box

Berbahan dasar kertas, dengan laminasi di dalamnya membuat paper lunch box sangat sering digunakan sebagai kemasan makanan. Jenis kemasan ini bersifat tahan minyak dan anti bocor sehingga tidak merusak penampilan makanan. 

Paper lunch box tersedia dalam tiga ukuran yaitu kecil, sedang, dan besar menyesuaikan dengan porsi makanan yang akan dijual. Biasanya paper lunch box berwarna putih bersih, namun sekarang juga banyak tersedia warna lain seperti hitam dan coklat.

Kemasan jenis ini sangat cocok digunakan dalam bisnis kuliner atau usaha yang menjual aneka nasi, aneka mie, ayam dan bebek, junk food serta seafood.

  1. Paper Bowl

Paper bowl adalah salah satu kemasan makanan kekinian yang sering ditemui pada resto-resto sekitar kita, memang hampir mirip dengan paper lunch box. Bentuknya yang seperti mangkok sangat cocok digunakan untuk bisnis kuliner makanan-makanan berkuah seperti sop, salad, seblak, ramen, udon, mie ayam, dan bakso.

Akan tetapi tak hanya makanan berkuah saja karena saat ini menu aneka nasi juga sering menggunakan kemasan paper bowl atau yang biasa kita sebut sebagai rice bowl. Kemasan makanan yang satu ini tersedia dengan berbagai macam ukuran volume, mulai dari 200 ml sampai dengan 1000 ml.

  1. Food Pail

Food pail bisa kita anggap sebagai gabungan antara paper lunch box dan paper bowl. Kemasan ini menggunakan bahan yang sama seperti paper lunch box, namun dengan bentuk yang menyerupai paper bowl tetapi berbentuk persegi. Biasanya food pail digunakan untuk makanan seperti aneka nasi, aneka mie, ayam dan bebek, serta pasta. 

Food pail tidak cocok digunakan untuk makanan yang berkuah, karena masih ada celah pada kemasan jenis ini. Ukuran food pail tidak banyak seperti paper bowl, karena hanya ada ukuran kecil, sedang, dan besar.

  1. Bento BOX

Box bento memiliki ciri-ciri berbahan dasar mika dengan alas berwarna hitam dan tutup yang transparan. Kemasan ini sudah digunakan sejak lama dan paling sering kita temui. Biasanya box bento memiliki beberapa sekat yang dapat memisahkan nasi dan lauk-pauknya.

Jika kamu pergi ke minimarket, kamu akan menemui makanan siap saji yang menggunakan kemasan box bento ini. Box bento sering digunakan untuk makanan yang dipajang karena memiliki tutup transparan, sehingga pembeli dapat langsung melihat isi makanan di dalamnya.

Jadi sudah tahu harus memilih kemasan apa yang cocok untuk usaha kuliner mu? Ayo kembangkan usaha kuliner kalian agar tidak tertinggal atau kalah saing oleh saingan mu. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan pengetahuan Anda semua lebih luas lagi mengenai kuliner.