Alasan kita harus mulai meninggalkan plastik – Penggunaan plastik memang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari – hari. Bahan yang rigan penggunaan yang paraktis serta mudah ditemukan menjadi alasan kita mengapa sering menggunakan plastik. Dibalik penggunaan plastik yang semakin sering, terdapat banyak sekali bahaya yang mengintai. Penggunaan plastik dalam sehari – hari menjadi penyebab terbesar kerusakan lingkungan, serta Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang plastik terbesar di Dunia.

Mungkin dari tahun terdahulu pemerintah telah mengeluarkan edaran dilarang menggunakan plastik yang berlebihan, akan tetapi dikarenakan masyarakat Indonesia yang tidak terlalu perduli akan hal itu menjadikan dampak yang sangat buruk bagi ekosistem Bumi. Selain plastik kalian juga dapat menggunakan kantong kertas makanan yang dikenal lebih dapat menjaga ekosistem Bumi.

Alasan kita harus mulai meninggalkan plastik

Sebagai generasi muda, kita tidak boleh menutup mata lebih dalam lagi, marilah kita jaga lingkungan serta bumi kita tercinta ini dari penggunaan kantong plastik yang berlebihan. Serta mulailah menggunakan kantong kertas makanan agar dapat lebih mudah terurai. Nah, berikut ini saya akan menjelaskan kepada kalian alasan mengapa kita harus mulai meninggalkan penggunaan kantong plastik sebagai berikut :

1. Bumi sudah terlalu kotor dan penuh akan polusi

Kenyataan yang dapat kita ambil bahwa, bumi kita yang sedang kita tempati saat ini sudah terlampau tua dan kotor. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan, pabrik – pabrik serta buangan limbah rumah tangga.

Jika kita menggambarkan bumi kita saat ini, seperti manusia yang sudah tua serta memiliki penyakit yang sangat kronis dan sampahlah yang menjadi pemicu mengapa bumi kita dapat menjadi sakit.

Maka dari itu mumpung masih ada waktu, marilah tinggalkan penggunaan plastik dengan mengganti menggunakan kantong kertas makanan agar kelak bumi kita tercinta ini dapat sembuh dari penyakit kronis yand di alami.

2. Merusak keseimbangan ekosistem bumi

Untuk kalian yang sering menonton sebuah berita baik televisi maupun internet pasti pernah mendengar jutaan hewan laut mati mendadak. Yang lebih memiriskan lagi hewan – hewan laut tersebut mati dikarenakan keracunan limbah plastik yang dibuang sembarangan ke laut oleh manusia.

Telah ditemukan sampah plastik dalam tubuh hewan laut tersebut mulai dari plastik makanan, plastik belanjaan, sampai sampah botol minuman pun terdapat di dalamnya. Apakah kalian tidak sedih sebagai sesama mahluk hidup, hewan – hewan tersebut mati dikarenakan hal sepele yang kita sebabkan.

Mungkin dari kalian berpikir membuang sampah sebarangan itu merupakan hal selepe, kalian sangatlah salah besar jika memiliki pikiran seperi itu. Dengan membuang sampah sembarangan kalian dapat meilihat dengan sendiri dampak apa saja yang dapat terjadi. Ayo, sahabat janganlah menggunakan plastik lagi itu tidak baik, gunakanlah kantong kertas makanan yang dikenal lebih baik dibandingkan kantong plastik.

3. Plastik membutuhkan waktu ratusaan tahun untuk terurai

Untuk kalian yang tida mengetahui bahwa sampah plastik itu tidak dapat terurai maka butuh beratus – ratus tahun agar sampah plastik yagn kita gunakan tersebut dapat terurai. Lalu coba kalian bayangkan, berapa banyak waktu kita yang terbuang hanya untuk menunggu sampah plastik yang tidak bisa terurai tersebut. Maka dari pada menunggu lebih baik kita meninggalkan ataupun menggantinya dengan kantong kertas makanan.

Memang saat ini sudah banyak bermunculan plastik – plastik yang dikenal ramah lingkungan, akan tetapi yang namanya sebuah plastik dasarnya sudah plastik akan sama saja. Ayo kawan lebih bijaksana lagi menggunakan plastik untuk bumi yang kita pijaki saat ini.

4. Jika gerakan dilarang penggunaan plastik tidak dilakukan, sama saja kita perlahan menghancurkan bumi

Kalau kita terus – terusan acuh dan tak peduli akan perihal dilarangnya penggunaan kantong plastik, kerusakan, kehancuran hanyalah tinggal menunggu hitungan waktu saja. Maka, sebelum hal itu terjadi saya tegaskan lebih lanjut lagi disini, mulailah tidak menggunakan plastik, dan mulailah menggunakan kantong kertas makanan mulai sekarang.

Mungkin dalam waktu beberapa tahun lagi lautan akan semakin kotor, kualitas air kian semakin memburuk dan hewan – hewan banyak yang mengalami kepunahan, lalu bagaimana dengan manusia? Pada akhirnya kita sebagai manusia hanya bisa berdiam diri menyesal akan perbuatan kita yang tidak peduli menjaga keselamatan lingkungan.

Lalu bagaimana cara alternatif mengurangi sampah plastik?

Saat ini sudah banyak perusahaan – perusahaan lokal yang peduli akan keselamatan bumi kita, dan membayangkan bagaimana kehidupan cucu – cucu kita nanti jika keadaan bumi sudah rusak. Dengan menghadirkan kantong kertas makanan sebagai media pengganti kantong plastik, menjadi acuan untuk kita menghindari penggunaan plastik.

Kantong kertas makanan dapat menjadi media alternatif dalam mengganti peran plastik itu sendiri. Maka, mulailah menggunakan kantong kertas makanan, dengan begitu kita membantu pemerintah dalam melestarikan bumi agar tetap terjaga. Sekian artikel kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih dan sampai jumpa.

Sumber : https://www.temapack.co.id/