Alasan Perusahaan Melakukan Medical Check Up – Sebagian besar masyarakat pasti sudah tau tantangan ketika kalian ingin melamar pekerjaan disebuah perusahaan besar. Ada beberapa tahapan dalam recruitmen , mulai dari seleksi administasi, wawancara dengan HRD, wawancara dengan user, psikotes, tes bidang, serta yang terakhir adalah tes medical check up.

Sebenarnya apa sih alasan perusahaan tes medical check up untuk setiap karyawannya? Nah, kalau mau tau jawabannya. Lanjut baca artikelnya ya.

Alasan Perusahaan Melakukan Medical Check Up

Kalian tahu apa itu medical check up? Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini gangguan kesehatan yang ada pada tubuh seseorang.

Nah, ini lah yang menjadi alasan perusahaan menyediakan jasa medical check up perusahaan itu untuk mengidentifikasi secara dini gangguan kesehatan yang mungkin akan dialami oleh calon karyawan baru akibat faktor tertentu di lingkungan kerja.

Dalam melakukan tes medical check up, setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda – beda pastinya. Saya akan infonya secara umum yang biasa dilakukan, yaitu sebagai berikut :

Anamnesis

Anamnesis ini adalah wawancara. Di mana karyawan akan diminta untuk mengisi formulir identitas diri dan medical record. Formulir identitas diisi seperti biasa, tapi untuk medical record itu berupa riwayat kesehatan kalian dan keluarga kalian, riwayat haid bagi perempuan, riwayat pekerjaan bagi yang sudah pernah bekerja sebelumnya,

Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik ini meliputi tinggi badan, berat badan, tensi tekanan darah, pemeriksaan hidung, gigi, mata, tes buta warna, detak jantung, dan perabaan organ dalam. Semu ini akan dilakukan oleh jasa medical check up perusahaan untuk para pekerja baru.

Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan ini biasanya diambil dari beberapa sampel untuk di bawa ke laboratorium, seperti urine, darah, dahak, dan hasil biopsy.

Pemeriksaan Penunjang Lainnya

Dan ini adala tahap terakhir. Pemeriksan lainnya ini bisa berupa rontgen, USG, ECG, audiometri, spirometri, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mengharuskan tes narkoba, HIV/AIDS, dan pengujian psikologis.

Kita lanjut ya alasan terperinci perusahaan menyediakan jasa medical check up perusahaan di dalamnya karena hal berikut ini :

  1. Untuk memastikan keselamatan kerja bagi calon karyawan baru
  2. Mendapatkan karyawan baru yang sehat dan produktif.
  3. Sebagai data dasar dan pembanding dalam rangka mendeteksi adanya kemungkinan Penyakit Akibat Hubungan Kerja.
  4. Untuk membuat diri lebih waspada terhadap kesehatan masing – masing karyawan.

Nah, sampai disini dulu ya pembahasan kita mengenai perusahaan yang mengguanakan tes medical check up dalam melakukan recruitmen terhadap karyawan baru.

Jangan khawatir, sebelum benar – benar melakukan test kesehatan di tempat kerja baru kalian. Kalian bisa lakukan medical check up diluar dari itu. Dan biaya medical check up untuk kerja juga tidak semahal yang kalian pikir. Semua itu tergantung dari apa saja yang ingin kalian cek kesehatannya.