Apa itu terapi Okupasi – Orang yang mengalami gangguan pada kesehatan tentunya akan sulit melakukan aktifitas sehari – hari, salah satu hal sederhana yang sulit di lakukan seperti makan, bekerja dan berbelanja akan terasa sulit dilakukan apabila mengalami gangguan pada kesehatan fisik. Namun, saat ini ada terapi okupasi yang yang memang di tunjukan kepada pasien – pasien yang menderita gangguan baik fisik maupun mental, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya tentang terapi okupasi.

Apa itu terapi Okupasi ?

Terapi okupasi merupakan bentuk layanan kesehatan yang bertujuan untuk membantu orang dengan keterbatasan fisik, baik mental atau kognotif agar dapat hidup lebih mandiri dari berbagai aspek kehidupan. Tujuan utama dari terapi okupasi ini adalah membantu meningkatkan kualitas hidup pasien, baik pasien lansia, remaja, ataupun anak – anak.

Sejarah Terapi Okupasi di Indonesia

Bentuk pelayanan terapi okupasi di indonesia pertama kali di mulai sejak tahun 1970 dan di pelopori oleh dua orang okupasi terapis. Mereka adalah Bapak Harry Siahaan yang lulus dari Selandia Baru dan Bapak Joko Susetyo yang lulus dari Australia. Bapak Harry memulai pelayanan okupasi terapi di kesehatan jiwa dan beliau merupakan pelopor pelayanan okupasi terapi dan pertama kali mengenalkan jual alat okupasi terapi kepada para produsen alat terapi.

Sedangkan Bapak Joko mendirikan pelayanan okupasi terapi di Rumah Sakit Ortopedi di Solo dan beliau merupakan pelopor pelayanan okupasi terapi di gangguan fisik. Setelah itu, mereka berdua mengelola pelatihan okupasi terapi asisten di rumah sakit besar di Indonesia. Selain itu juga mereka yang menjadi cikal bakal hadirnya produsen jual alat fisioterapi anak di indonesia.

Selama tahun 1970 – 1997, pelayanan okupasi terapi di rumah sakit dilakukan oleh okupasi terapi asisten. Beberapa okupasi terapis dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda juga datang ke Indonesia untuk memberikan pelatihan untuk okupasi terapi asisten di beberapa rumah sakit.

Kondisi Anak Seperti Apa yang membutuhkan terapi okupasi ?

Selain untuk dewasa para orang tua di rumah juga bisa melakukan terapi okupasi kepada anak – anak, lalu anak – anak yang berkondisi seperti apa yang dapat melakukan terapi okupasi sebagai berikut :

1. Cerebral Palsy

Cerebral palsy adalah nama sekelompok kondisi yang memengaruhi otot dan saraf. Penyakit ini bukan bawaan, tapi dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Ada tiga jenis cerebral palsy (CP) adalah spastic (paling umum), athetoid, dan ataxic.

2. Sindrom Down

Down syndrome adalah kelainan genetik yang terjadi ketika bayi dalam kandungan memiliki kelebihan kromosom. Normalnya, manusia memiliki 46 kromosom di setiap selnya, 23 diwarisi dari ibu dan 23 lainnya diwarisi dari ayah. Sementara orang dengan kondisi ini justru memiliki 47 kromosom di setiap selnya.

3. Autisme

Autism Spectrum Disorder atau autisme adalah kelainan neurologis dan perkembangan yang dimulai pada masa kanak-kanak dan bertahan seumur hidup. Autisme dapat mempengaruhi anak dalam interaksi sosial, berkomunikasi secara verbal dan non verbal, serta perilaku.

4. Spina Bifida

Spina bifida adalah kondisi cacat lahir yang terjadi ketika tulang belakang dan saraf tulang belakang tidak terbentuk dengan sempurna. Kelainan ini termasuk dalam salah satu jenis dari cacat tabung saraf.

Dimana dapat menemukan alat okupasi terapi ini ?

Untuk menemukan alat terapi okupasi ini kalian dapat mencarinya kepada rumah sakit, pusat rehabilitas, rumah pasien, ataupun kalian dapat mencari produsen yang jual alat okupasi terapi ini. Untuk menemukan produsen yang jual alat terapi ini, kalian dapat mencarinya menggunakan mesin pencari seperti, google. Sesuaikan dengan lokasi anda berada.

Untuk di indonesia, tidak semua rumah sakit jual alat okupasi terapi ini karena jumlah tenaga ahli yang mampu memberkikan pelayanan ini masih sangat terbatas. Maka, sebelum memutuskan untuk melakukan terapi okupasi ini, saya sarankan kalian melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pakar kesehatan.

Baca Juga : Produsen Jual alat fisioterapi anak terlengkap