Cara Mengatasi Asam Lambung Dengan Benar – Asam lambung dalam tubuh digunakan untuk mencerna makanan. Akan tetapi asam lambung dalam tubuh dapat mengalami peningkatan, sehingga mengakibatkan gangguan pada pencernaan. Biasanya asam lambung meningkat akibat dari kebiasaan atau gaya hidup seseorang yang kurang sehat, seperti memakan makanan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Dengan Benar

Dengan meningkatnya asam lambung dalam tubuh, terkadang orang tidak memerlukan dokter untuk mengatasi asam lambung yang hanya datang sebentar dan jarang. Dikatakan meningkat artinya asam lambung sudah naik ke kerongkongan karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik.

Dokter spesialis asam lambung menyebutkan kondisi tersebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Ada beberapa gejala yang dapat Anda rasakan seperti, nyeri di ulu hati, sulit menelan, mulut akan terasa pahit atau asam, mual dan muntah.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi asam lambung jika mengalami peningkatan dalam tubuh seperti gejala yang sudah di informasikan. Simak penjelasannya.

  • Makan Teratur

Biasanya asam lambung naik karena ketidakteraturan kita mengkonsumsi makanan. Dokter spesialis asam lambung menyarankan untuk tidak makan 2 jam sebelum tidur, karena dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Perhatikan Porsi Makan dan Ngemil

Ternyata bagi Anda yang ingin gemuk dan doyan makan, mengkonsumsi makanan secara besar atau banyak itu tidak terlalu baik, justru mengakibatkan terjadinya reflux, sistem pencernaan pun akan kesulitan untuk mencerna makanan yang terlalu banyak. Jadi sebaiknya makan dengan porsi yang lebih sedikit tapi sering itu akan lebih baik.

  • Hindari Kebiasaan Tidak Sehat

Sering sekali kita jumpai, seseorang akan terasa mengantuk setelah makan. Namun, berbaring setelah makan ternyata membahayakan tubuh loh. Akibatnya asam lambung akan naik. Sebaiknya beri jeda waktu 3 jam setelah makan jika Anda ingin berbaring atau tidur. Ini berkaitan dengan makan teratur yang sudah dijelaskan di atas.

  • Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Apa saja makanan yang dapat memicu asam lambung? Biasanya GERD muncul akibat dari makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung lemak, pedas, asam. Lalu buat yang suka cokelat sebaiknya batasi konsumsi cokelat, kurangi minuman beralkhol atau soda.

Lebih baik Anda menggantinya dengan buah pisang, oatmeal, sayuran hijau, lidah buaya, dan jahe. Ini sangat baik bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung. Dokter spesialis asam lambung ketika selesai melakukan pengecekkan biasanya selalu mengingatkan kita akan hal tersebut kan.

 Jika Anda yang dirumah masih mengalami sakit yang sama setelah melakukan berbagai hal seperti di atas maka segera lakukan pengecekkan dengan dokter spesialis asam lambung untuk dilakukan tindakan yang tepat dan cepat.

Untuk itu ubah pola hidup Anda dengan baik, seperti mengkonsumsi makanan sehat, olahraga yang teratur, dan minum air putih sesering mungkin. Hidup sehat lebih baik dari pada mengobati untuk jadi sehat.