Select Page

Ini dia Cara membangun Backlink Berkualitas – Bagaimana cara membangun backlink yang berkualitas? Digital marketing merupakan salah satu bidang yang dapat memberikan dampak maksimal bagi bisnis. Bagaimana hal itu terjadi? Ketika perilaku masyarakat yang menjadi konsumen mulai bergeser ke dunia digital, maka para pelaku bisnis perlu melangkah lebih jauh dengan mengambil tindakan “pick up the ball” yaitu memanfaatkan strategi dalam digital marketing.

Ini dia Cara membangun Backlink Berkualitas

Ada berbagai strategi dalam digital marketing yang bisa dimanfaatkan dalam membangun bisnis Anda menjadi lebih besar lagi. Mulai dari menggunakan iklan di internet hingga SEO (Search Engine Optimization). Namun pada artikel kali ini membahas tentang backlink, kita akan fokus pada strategi SEO.

Baca Juga: Gambar tidak muncul di situs web? Ini dia solusi dan penyebabnya!

Saat ini SEO semakin diakui mampu meningkatkan level bisnis menjadi lebih baik. Ada berbagai bisnis dan industri yang memanfaatkan SEO. Mereka menyadari bahwa dalam meningkatkan bisnis mereka, mereka tidak bisa lagi hanya menggunakan strategi di dunia nyata. Dibutuhkan juga strategi bisnis di dunia maya. Itu sebabnya SEO adalah strategi yang relevan untuk digunakan saat ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang SEO, pada dasarnya strategi dalam digital marketing ini berfokus pada peningkatan pengunjung website bisnis Anda dengan meraih posisi pertama di hasil mesin pencari. Ketika jumlah pengunjung website meningkat, lalu apa yang bisa dirasakan? Ada dua manfaat yang bisa dirasakan yaitu meningkatkan brand awareness terhadap merek dan produk, serta penjualan yang lebih tinggi. Namun dalam praktiknya, fokus utama SEO adalah meningkatkan brand awareness terlebih dahulu. Ketika kesadaran merek meningkat, sisi penjualan juga meningkat.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara melakukan strategi SEO pada website bisnis? Yuk kenali SEO hingga backlink lebih dalam bersama Digital Marketing Agency Jasa SEO Jakarta yang telah merangkum informasi lengkapnya di bawah ini.

SEO terdiri dari beberapa tahapan dalam hal pengerjaan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun jika dikelompokkan, maka ada dua bagian SEO yaitu On Page dan Off Page. Khusus untuk backlink sendiri, bagian ini menuju ke Off Page. Oleh karena itu, kita akan membahas Off Page secara mendalam disini.

Off Page SEO merupakan langkah Optimasi SEO yang dilakukan secara khusus di luar konten dan website. Ya, ketika SEO On Page berfokus pada hal-hal yang ada di website, di sisi lain SEO Off Page berada di luar website atau bisa juga disebut faktor eksternal.

Baca Juga: Cara mengetahui Page Authority sebuah Website

Jika dibedah lebih dalam, SEO Off Page hanya terdiri dari dua hal yaitu inbound link atau backlink dan media sosial. Sayangnya, banyak orang hanya fokus pada backlink. Padahal, jika backlink dan media sosial dioptimalkan secara optimal, hasilnya akan jauh lebih baik. Tapi bagaimana cara melakukan SEO Off Page yang baik dan benar?

Berbagai Cara Optimasi SEO Off Page, Termasuk Link Building

Total ada enam cara untuk melakukan Optimasi SEO Off Page. Apa saja cara-caranya? Berikut ulasan lengkapnya hanya untuk Anda.

  1. Tautan/Tautan Balik

SEO Off Page tidak akan lepas dari yang namanya link building dan backlink. Bagian utama dari metode Optimasi ini adalah mendapatkan link sebanyak mungkin dari website lain untuk masuk ke website bisnis Anda. Ketika banyak website menyertakan link ke website Anda, maka Google melihat bahwa situs bisnis tersebut jauh lebih terpercaya. Lalu lintas organik yang merupakan bagian penting dari SEO juga lebih tinggi. Itu sebabnya Anda harus memperkuat backlink situs web Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Apa saja cara-caranya?

  1. Otoritas Halaman dan Otoritas Domain

Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua website layak mendapatkan backlink Anda. Alasan utamanya adalah ada website yang kurang bisa diandalkan. Alih-alih meningkatkan kualitas lalu lintas organik, hasilnya adalah Google tidak melihatnya sebagai hal yang baik. Kualitas tautan dapat diukur dengan Otoritas Halaman dan Otoritas Domain.

Domain Authority adalah kualitas backlink dari sebuah domain secara keseluruhan. Semakin tinggi angka yang muncul, semakin baik kualitas link dari domain tersebut. Di sisi lain, Otoritas Halaman adalah kualitas tautan pada halaman tertentu. Sistem penilaian nya juga sama dengan Domain Authority.

Dalam melihat dua hal ini, Anda tidak dapat mengukur diri Anda sendiri. Dibutuhkan bantuan alat SEO untuk dapat mengetahui apakah Page Authority dan Domain Authority bagus atau tidak.

  1. Anchor Text

Anchor Text adalah teks yang berisi link yang dapat di klik oleh pengunjung website. Google melihat ini sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pencarian. Ketika tautan dengan Anchor Text sama persis dengan kata kunci dalam konten, kualitas hasil pencarian akan jauh lebih baik.

  1. Dofollow dan Nofollow

Dofollow adalah link yang dideteksi oleh mesin Google untuk meningkatkan kualitas otoritas website. Ketika ada tautan di situs web, itu diatur sebagai Dofollow.

Untuk Nofollow, itu berarti tautan yang disertai dengan tag. Hal ini dilakukan untuk memberikan sinyal kepada Google agar tidak mendeteksi link tersebut. Hal itulah yang membuat link Nofollow tidak berpengaruh pada kualitas otoritas website.

  1. Relevansi

Relevansi yang dimaksud dalam SEO Off Page adalah mendapatkan backlink dari website dengan satu niche sesuai dengan website bisnis Anda. Jadi, jika niche website Anda adalah properti, maka cobalah untuk mendapatkan backlink dari website properti juga. Itulah yang dimaksud dengan relevansi dalam SEO Off Page.

  1. Lalu Lintas

Poin penting lainnya tentang pembuatan tautan dan tautan balik adalah lalu lintas. Jika Anda bisa mendapatkan backlink dari situs web dengan lalu lintas tinggi, maka kemungkinan besar hal itu dapat berdampak pada situs web Anda sendiri juga. Kemungkinan menautkan ke situs web Anda semakin besar berkat lalu lintas yang tinggi.

Baca Juga: Cara tepat menggunakan Clickbait

Maka dari penjelasan di atas, Anda perlu mendapatkan backlink dari website dengan otoritas yang baik, menggunakan anchor text yang sesuai, menyediakan link Dofollow, relevan dalam hal niche, dan memiliki trafik yang tinggi. Meski tidak semua website bisa memberikan poin-poin di atas, setidaknya ada dua atau tiga poin yang bisa didapat dari mereka.

  1. Media Sosial

Elemen SEO off-page lainnya adalah media sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan media sosial di dunia sangatlah besar. Sebut saja Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, bahkan LinkedIn juga bisa masuk dalam grup media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda. Tentunya caranya adalah dengan membagikan berbagai link halaman website di media sosial bisnis Anda.

Ketika semakin banyak yang bersedia secara sukarela membagikan konten yang berisi tautan halaman situs web di media sosial mereka, semakin besar kemungkinan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Konten yang Anda buat dan miliki di situs web semakin banyak dibaca. Dengan begitu, konten tersebut banyak dibicarakan, dibagikan, dan menjadi referensi bagi website atau media lainnya. Itulah yang membuat berbagi di media sosial penting dalam SEO Off Page.

Selain dua poin di atas, ada poin lain yang bisa Anda gunakan dalam SEO Off Page, seperti membuat Google Bisnisku, mendapatkan review produk dari website lain, hingga listing bisnis di beberapa website seperti GrabFood, Zomato, dan TripAdvisor. (Berfokus pada bisnis perhotelan & kuliner). Manfaatkan semua poin yang ada di Off Page SEO agar bisnis Anda semakin maju terutama di era digital seperti sekarang ini.

Pilihan Cara Membangun Backlink Berkualitas

Sekarang setelah Anda terbiasa dengan SEO Off Page, sekarang saatnya memahami cara membangun backlink yang berkualitas. Membangun backlink bukanlah perkara mudah. Tentu tidak mudah karena Anda tidak memiliki kekuatan penuh dalam Optimasi. Pengoptimalan ini akan bergantung pada situs web lain di luar sana sehingga mereka akan menyertakan tautan ke halaman situs web bisnis Anda.

Namun untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas juga bukan perkara mudah. Inilah yang membuat backlink menjadi bagian yang sulit dari strategi SEO. Anda tidak memiliki kendali penuh untuk mendapatkan backlink, ditambah lagi sulit untuk menemukan backlink berkualitas. Meski begitu, dengan usaha yang dilakukan, sudah sepantasnya Anda bisa mendapatkan backlink tersebut.

Saat ini ada berbagai cara untuk membangun backlink yang berkualitas. Cara paling instan adalah dengan membayar pemilik website lain agar mereka mau memasang link ke halaman website Anda di dalamnya. Bentuk konten yang dihasilkan seperti penempatan konten atau posting bersponsor. Cara ini memang lebih mahal dengan hasil instan. Namun jika memang ingin memulai dari bawah, maka tidak salah juga karena sebenarnya bisa dilakukan. Bentuk konten cara membangun backlink gratis adalah dengan memanfaatkan penempatan profil backlink, posting tamu, hingga social bookmarking.

Penasaran bagaimana cara membangun backlink yang berkualitas? Berikut penjelasan lengkapnya agar Anda tidak salah mengambil langkah untuk mendapatkan backlink terbaik untuk bisnis website Anda.

  1. Buat Konten Menarik dan Unik

Backlink tidak pernah lepas dari konten. Bahkan, bisa dibilang, konten merupakan bagian penting dari website. Mulai dari homepage, halaman produk, hingga halaman About Us. Semuanya diisi dengan konten yang sengaja dibuat untuk dapat menjual produk atau jasa yang dipasarkan, sekaligus menjadi media promosi dan informasi terkait bisnis.

Di dalam website pasti ada bagian blog yang memuat berbagai artikel tentang produk, layanan, hingga informasi pendukung terkait niche bisnis Anda. Untuk mendapatkan backlink ke konten di blog Anda, jangan lupa untuk membuat konten yang menarik dan unik. Cobalah untuk fokus menemukan ide-ide baru sebagai konten artikel. Dengan membuat konten yang menarik dan unik, website lain mungkin tertarik untuk menggunakan artikel tersebut sebagai referensi dan menempatkan link ke halaman tersebut di dalamnya.

Namun jangan lupa untuk selalu mengoptimalkan konten yang Anda buat. Carilah kata kunci yang dapat ditargetkan dengan jumlah volume pencarian yang tinggi dan persaingan yang rendah. Dengan begitu, Optimasi konten tersebut akan lebih maksimal untuk menarik pengunjung website, termasuk melalui hasil pencarian di Google.

  1. Membangun Hubungan

Apa artinya membangun hubungan pada titik ini? Anda bisa mendapatkan backlink dengan berteman dengan orang lain yang memiliki website lain. Jadi, Anda dan pihak-pihak tersebut dapat saling mendukung dalam Optimasi website dengan bertukar link halaman website.

Cara ini terbilang unik dan jarang dilakukan, apalagi dalam skala bisnis karena masing-masing memiliki persaingan tersendiri. Tetapi jika Anda dapat mengesampingkan persaingan bisnis, membangun hubungan untuk bertukar backlink bukanlah ide yang buruk. Apakah Anda mulai tertarik untuk melakukannya? Usahakan cari relasi dengan siapa Anda ingin bertukar backlink agar keduanya mendapatkan kemudahan Optimasi SEO ini.

  1. Melakukan Blogwalking

Tidak banyak orang yang mengerti apa itu blogwalking. Dari namanya sendiri sudah terlihat apa tujuan diadakannya kegiatan ini. Aktivitas blogwalking adalah aktivitas dengan cara login ke blog orang lain kemudian meninggalkan komentar di sana. Komentar Anda harus mencakup pertanyaan atau pujian pada konten. Selanjutnya, jangan lupa untuk menempatkan halaman website Anda di komentar.

Cara ini mungkin dianggap mudah. Namun sayangnya, semakin hari, aktivitas blogwalking dianggap tidak efektif lagi. Selain memakan waktu yang lama dan cukup merepotkan, hasilnya juga kurang besar dalam mendongkrak pengunjung website Anda. Hal inilah yang akhirnya membuat aktivitas blogwalking menjadi terabaikan.

Jika Anda masih tertarik untuk mencoba blogwalking, jangan ragu untuk melakukannya. Ada berbagai manfaat lain dari blogwalking yang bisa dirasakan. Mulai dari memperluas jaringan, mendapatkan inspirasi baru dari konten, mendapatkan bantuan dari blogger lain, menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas konten, dan tentunya mempromosikan blog Anda juga.

Jangan lupa untuk mencari blog dengan niche yang sama untuk saling terhubung. Juga, berikan konten komentar yang relevan dan pelajari komentar mereka. Dengan melakukan ini, aktivitas blogwalking Anda tidak akan sia-sia, dan Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari sekedar meletakkan link website di kolom komentar.

  1. Tulis Informasi Paling Dicari

Banyak orang fokus untuk mendapatkan backlink ketika mereka baru mengenal optimasi SEO. Ya, backlink penting dalam meningkatkan lalu lintas ke situs web. Tapi itu tidak berhenti di situ. Poin ini bahkan menjadi sangat penting untuk dilakukan sebelum mencoba mendapatkan backlink. Ya, Anda harus menuliskan informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Untuk menulis informasi yang sangat dicari, cara utama adalah dengan meneliti kata kunci yang paling tepat sesuai dengan niche bisnis Anda. Selanjutnya, buat konten artikel yang SEO friendly dengan topik yang terfokus pada kata kunci tersebut. Konten artikel yang dibuat pasti tidak hanya satu potong. Anda harus melakukan cara ini secara konsisten.

Membuat konten artikel untuk website secara konsisten bukanlah perkara mudah. Selain memiliki niat yang besar dalam menghasilkan konten tersebut secara konsisten dan berkualitas, riset kata kunci harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Setiap konten yang dibuat harus dioptimalkan sesuai dengan kata kunci. Jangan sampai Anda malah tidak mengoptimalkan konten karena hasil akhirnya akan sia-sia. Jadi, mari kita tulis informasi yang dicari secara konsisten untuk menjadi website yang terpercaya.

Itu dia informasi yang dapat Anda pelajari dari kami, semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam membangun backlink yang baik. Kunjungi situs dari Jasa SEO Jakarta untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya mengenai SEO dan berbagai macam info menarik yang lagi ramai dibicarakan.