Kemasan yang baik untuk kesehatan – Ketika kita membeli makanan ataupun minuman, banyak orang lebih fokus akan bahan dan gizi yang di kandung dalam makanan. Lalu bagaimana dengan kemasannya, ya mungkin kalian semua tidak akan memperhatikan kemasan makanan atau minuman yang kalian pilih. Padahal, tidak semua kemasan pangan aman dan terbebas dari kandungan berbahaya lho. Pada artikel saya kali ini mari kita simak bagaimana memilih kemasan yang baik untuk kesehatan.

Kemasan yang baik untuk kesehatan

Kemasan makanan merupakan media yang digunakan untuk melindungi makanan dari berbagai kerusakan baik kontaminasi bakteri dari luar ataupun paparan sinar matahari. Setiap produk baik makanan dan minuman yang dijual dipasaran dibungkus dengan kemasan yang berbeda – beda. Ada yang dikemas dengan plasik, kertas, kaca, atau styforoam.

Dalam beberapa kasus yang ada makanan yang dijual di pasaran, terutama yang berupa jajanan kaki lima, sering sekali menggunakan kemasan makanan yang bukan bahan non – food – grade. Food grade itu sendiri merupakan standar kelayakan sebuah material yang digunakan untuk cetak kemasan makanan. Ketika sebuah kemasan makanan tidak memenuhi standar food grade berarti kemasan tersebut dapat dikatakan berbaha untuk kesehatan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membantu kalian memilih kemasan makanan dan minuman yang aman dan terhidar dari zat berbahaya :

1. Kedap Udara

Sebelum kalian memilih untuk cetak kemasan makanan, pastikan produknya kedap akan udara. Pasalnya, makanan dan minuman harus tersimpan dalam kemasan kedap udara, agar dapat mencegah kontaminasi bakteri. Makanan dan minuman yang tidak dikemas secara benar, dapat membuka peluang bakteri untuk masuk dan mengontaminasi produk.

2. Kemasan tidak rusak ataupun penyok

Walapun banyak yang beranggapan bahwa kemasan penyok sedikit tidak bermasalah, akan tetapi, janganlah menganggap remeh. Kalian harus memperhatikan terlebih dahulu kemasan produk yang akan dibeli. Jika kemasan yang kalian dapati rusak, robek ataupun penyok maka ada kemungkinan produk yang ada di dalamnya sudah terpapar udara dari luar atau terkena paparan sinar matahari dalam kurun waktu yang lama. Hal ini dapat mengakibatkan warna dan cita rasa pada makanan dapat berubah.

3.  Pilih produk yang terdaftar BPOM

Sebelum kalian membeli makanan maupun minuman, saya sarankan untuk selalu mengecek label, izin edar, dan tanggal kadaluarsa. Ketika kalian mengecek terlebih dahulu sangatlah berguna untuk memastikan keamanan kandungan pada makanan atau minuman sekaligus menjadi pedoman bagi kalian untuk memilih kemasan makanan dan minuman yang aman bagi kesehatan.

3 Jenis Standar Kemasan Food grade

Bagi kalian yang ingin cetak kemasan makanan, pastikan kemasan yang kalian buat tersebut aman untuk digunakan. Dalam memilih kemasan yang aman untuk digunakan saya sudah jelaskan di atas, strandar kemasan makanan yang aman merupakan kemasan yang berstandar food grade, lalu bahan seperti apa yang sudah memenuhi kriteria kemasan food grade sebagai berikut :

1. Yellow Board

Yellow board merupakan bahan material utama untuk cetak kemasan makanan packaging food grade yang mempunyai dimensi yang tebal serta daya tahannya yang sangat kuat. Sehingga, ketika anda menggunakan yellow board untuk mewadahi makanan, baik kering ataupun basah, bentuk dari kemasan itu sendiri tidak akan berubah ataupun rusak.

2. Laminasi Glossy dan Doff

Ketika kalian cetak kemasan makanan dengan salah satu material kemasan kertas food grade yang tidak hanya aman untuk makanan anda, namun lebih dari itu, tampilan yang disuguhkan terasa elegan karena menggunakan hasil akhir glossy ataupun doff pada bagian permukaan kemasan.

3. Samson Kraft

Samson kraft mempunyai ciri utama pada kemasan makanan murah yang satu ini berwarna coklat muda dan telah melalui proses daur ulang dengan menggunakan teknik kimia. Hal ini menyebabkan banyak produsen menjatuhkan pilihan pada Samson kraft sebagai material packaging food grade karena mudah terurai setelah selesai digunakan.

Berikut merupakan ulasan dari saya mengenai kemasan makanan yang aman untuk kesehatan. Kesimpulan dari artikel saya kali ini, janganlah menganggap remeh kemasan seperti apa yang menjadi media untuk mengemas makanan yang kita beli. Pastikan izin edar, tanggal kadaluarsa dan untuk pelaku usaha makanan, pastikan kalian cetak kemasan makanan yang sesuai dengan standar yang sudah ada.

Baca juga : Jasa cetak kemasan makanan murah berkualitas