Kenali berbagai jenis kemasan – Kemasan merupakan desain kreatif yang mengaitkan sebuah bentuk, struktur, material, warna, elemen-elemen desain dengan informasi produk agar dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungkus, mengirim, melindungi, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi, dan membedakan sebuah produk.

Pengemasan makanan adalah penyimpanan makanan dalam sebuah kemasan, yang biasanya kegunaan utama dari sebuah kemasan makanan adalah menjaga produk agar tetap baik dan sebagai alat pemasaran.

Kenali berbagai jenis kemasan

Untuk menjaga kesehatan tubuh, seorang pengusaha harus pandai memilih kemasan makanan yang aman ketika ingin membelinya. Nah, agar para pengusaha tidak salah dalam memilih kemasan makanan dalam memasarkan produk-produknya, maka sangat penting untuk seorang pengusaha mengenal jenis-jenis bahan kemasan makanan yang aman.

Berikut merupakan beberapa jenis material kemasan makanan yang biasa digunakan sebagai berikut :

  1. Plastik

Plastik adalah jenis kemasan makanan  yang banyak digunakan oleh industri untuk mengemas sebuah makanan. Kemudahanya dalam proses produksi dan harganya yang relatif murah membuat kemasan plastik menjadi bahan yang banyak dipilih. Namun ada beberapa jenis kemasan plastik yang berasal dari polyetilen polypropilen polyvinylchloride tidak aman bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Kertas

Kertas banyak digunakan sebagai alat pengemas makanan. Namun ada beberapa jenis kertas yang seharusnya tidak digunakan oleh pengusaha untuk kemasan makanan terutama kertas bekas, karena kertas bekas yang memiliki tulisan dan terbuat dari tinta mengandung timbale (Pb) yang melebihi batas, sehingga sangat berbahaya jika terkena makanan dan dikonsumsi oleh manusia.

  1. Kaleng

Sekarang ini banyak jenis kemasan makanan yang terbuat dari kaleng, pada umumnya makanan yang dikemas menggunakan kaleng akan turun nilai gizinya dan juga akan kehilangan kesegarannya. Pada penggunaanya kemasan makanan dari kaleng harus dilapisi oleh timah putih (Sn) dengan ketat sehingga tidak akan menimbulkan karat.

  1. Styrofoam

Kemasan makanan yang terbuat dari styrofoam sangat diragukan keamananya bagi kesehatan tubuh manusia. Bahan kemasan makanan styrofom dari kopolimer styrene menjadi sangat populer dikalangan bisnis makanan. Bahan kemasan tersebut dapat mencegah terjadinya kebocoran dan mampu mempertahankan bentuk ketika dipegang oleh konsumen. Bahan kemasan makanan tersebut juga mampu mempertahankan suhu panas maupun dingin.

  1. Gelas dan Kaca

Bahan kemasan makanan yang paling aman adalah yang terbuat dari kaca atau gelas tetapi kemasan dengan bahan ini sangat rentan pecah dan tidak akan tahan dengan suhu tertentu.

Tujuan dari kemasan makanan adalah melindungi makanan dari bahaya fisik seperti suhu, getaran, guncangan, dan tekanan dan juga dapat melindungi makanan dari kondisi iklim mikro luar kemasan seperti kelembapan dan temperatur cahaya.

Berikut merupakan beberapa penjelasan dari kami mengenai jenis-jenis kemasan makanan. Kesimpulan dari artikel ini adalah kenali jenis-jenis kemasan makanan agar anda tahu jenis kemasan apa saja yang aman bagi kesehatan tubuh manusia.