Komplikasi yang Timbul Akibat Batu Empedu – Kantung empedu yang berada dibagian bawah hati dapat mengalami masalah seperti batu empedu. Fungsi dari kantung empedu adalah untuk membantu tubuh dalam mencerna lemak serta membantu menghilangkan kolesterol di dalam tubuh.

Penyakit batu empedu ini jika tidak diatasi dengan baik dan cepat, maka akan timbul penyakit lain akibat batu empedu tersebut. Untuk itu sebaiknya Anda segera pahami gejala – gejala yang timbul dalam diri Anda. Apakah termasuk kedalam gejala penyakit batu empedu atau tidak. Pastikan untuk selalu kontrol atau check up dengan dokter spesialis batu empedu.

Komplikasi Yang Timbul Akibat Batu Empedu

Batu empedu dalam bahasa medis dikenal dengan Cholelithiasis. Penyakit yang terjadi akibat dari adanya endapan kolesterol yang berlebihan lalu mengeras dan membentuk batu. Menurut beberapa Dokter spesialis batu empedu mengenal sebagian besar Cholelithiasis ini bersifat ringan sehingga tidak membutuhkan penanganan yang serius. Akan tetapi jika batu empedu sudah menyumbat saluran empedu, maka upaya penanganan dari dokter spesialis batu empedu perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya komplikasi yang akan terjadi.

Komplikasi dapat terjadi karena tidak tepatnya penanganan batu empedu. Komplikasi atau penyakit lain yang dapat timbul seperti kolik empedu atau radang kantong empedu akut, kolesistitis kronik, Ikterus (sakit kuning) atau Pankreatitis akut, dan bahkan menjadi kanker kantung empedu.

Mencegah Cholelithiasis

Dokter spesialis batu empedu memberikan solusi untuk mencegah terjadinya batu empedu dengan mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Seperti yang kita lihat saat ini, banyak sekali orang yang melakukan diet demi memiliki tubuh yang ideal. Melakukan diet memang bagus, namun tidak terlalu ketat artinya turun berat badan drastis tapi lakukan penurunan dengan bertahap. Karena tubuh tetap memerlukan lemak dengan kadar yang normal. Tidak boleh kurang dan bahkan berlebihan.

Nah, dari semu penjelasan di atas bisa menjadi acuan Anda untuk lebih hati – hati tapi bukan untuk menakut – nakuti ya. Sebagian penderita batu empedu memang sedikit yang merasakan gejalanya, tapi jika sudah menyumbat saluran empedu baru akan mulai mengalami gejala – gejala nyeri di bagian perut kanan atas, perut tengah, dan di bawah tulang dada. Terasa nyeri dibagian tulang bahu kanan, mual dan muntah, kemudian terasa demam.

Jika terjadi berangsur – angsur dengan jeda yang singkat segera konsultasikan dengan Dokter spesialis batu empedu untuk segera dilakukan tindakan medis yang tepat. Untuk meminimalisir terjadinya komplikasi dalam tubuh Anda, berkonsultasi atau berobat langsung merupakan hal yang paling tepat untuk Anda lakukan.