Langkah jitu membersihkan karpet – Cara mencuci karpet ditentukan oleh jenis noda pada karpet tersebut. Entah itu noda kopi pada karpet berwarna putih, coretan krayon hasil tangan jahil anak – anak kita, ataupun tumpukan debu dan kotoran sehari – hari. Setiap karpet membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Banyak orang enggan untuk membersihkan karpet dikarenakan terlalu banyak proses, terlalu banyak memakan tenaga dan waktu, sehingga banyak orang yang menyerahkannya kepada binatu.

Langkah jitu membersihkan karpet

Perawatan karpet sesungguhnya tidak serumit yang Anda bayangkan. Namun, dikarenakan persepsi orang yang selalu tidak mau mencoba, membuat hal itu menjadi menyulitkan sehingga harus menggunakan layanan Laundry karpet BSD untuk menanganinya. Berikut ini beberapa cara cepat membersihkan karpet, menghilangkan noda membandel dan bau tidak sedap pada karpet.

Produk pembersih karpet

Dalam urusan membersihkan karpet, air dan sabun biasa saja tidak akan cukup untuk mengangkat noda yang membandel, ataupun bau yang sangat menyengat dan sudah lama menempel pasti akan sangat sulit ditangani. Sebagian besar orang menggunakan pembersih karpet bubuk atau sampo karpet untuk membersihkan karpet di rumah. Pastikan juga jangan lupa untuk selalu menguji produk pembersih yang akan digunakan di bagian ujung karpet atau bagian karpet yang tidak terlalu terlihat. Untuk anda yang tidak mau ambil pusing menangani noda pada karpet anda dapat menggunakan laundry karpet BSD untuk membersihkannya.

Baca Juga :

Guna mengatasi noda yang membandel pada karpet anda dapat menggunakan pembersih bubuk yang dikhususkan untuk membersihkan karpet. Membersihkan karpet dengan sampo membutuhkan beberapa jam hingga akhirnya karpet kering sempurna, sehingga ruangan tidak bisa anda gunakan selama karpet masih basah atau lembap. Berbeda dengan pembersih karpet bubuk, pembersih karpet yang berupa bubuk memiliki cara kerja yang cukup disedot menggunakan mesin penghisap debu sehingga dapat lebih cepat dan memberikan hasil yang sama baik.

Bahan alami pembersih karpet

Jika halnya anda lebih memilih bahan alami untuk membersihkan karpet, terdapat beberapa bahan di dapur yang memiliki kemampuan membersihkan sangat baik. Sebagian dari anda pasti sudah pernah mendengar keampuhan air soda untuk mengatasi noda kopi. Selain air soda, garam juga cocok anda gunakan untuk mengangkat atau menyerap noda baru. Sedangkan bubuk soda kue cukup efektif untuk menyerap bau menyengat atau tidak sedap yang menempel pada serat – serat karpet.

Tips membersihkan karpet yang sudah teruji

1. Cara menggunakan bubuk untuk karpet

Berikut ini merupakan cara membersihkan karpet memakai bubuk, baik itu produk serbuk pembersih maupun bubuk soda kue :

  • Taburkan bubuk dalam jumlah yang cukup banyak
  • Tunggu selama 30 menit atau semalaman  untuk mendapatka hasil yang lebih baik, guna memberi waktu yang cukup bagi bubuk bekerja melunakan noda dan menyerap bau secara maksimal.
  • Sedot bubuk dengan alat penghisap debu.

2. Cara menggunaka sampo karpet

Terdapat beberapa merk sampo karpet yang dijual dan digunakan beberapa laundry karpet BSD dan sangat mudah untuk anda dapatkan, tetapi pastikan anda mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan mengenai cara pemakaiannya :

  • Dalam banyak kasus, sampo perlu dilarutkan di dalam air, jadi buatlah larutan sesuai instruksi yang tertera pada label.
  • Gunakan larutan sampo secukupnya saja agar menutup area yang dibersihkan.
  • Jangan terlalu membuat karpet terlalu basah, sebab tidak akan efektif dan membuat pengeringan menjadi lebih lama, merendam karpet juga bukan cara cuci karpet yang baik.
  • Khusus untuk noda yang membandel anda dapat menggosoknya dengan sikat berbulu keras, seperti sikat pada cuci pakaian.
  • Biarkan karpetnya mengering dengan sendirinya.
  • Sedot residu sampo ketika karpet sudah kering.

Berikut merupakan tips dan trik bagaimana cara membersihkan karpet dengan baik dan benar. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang mengalami kesulitan untuk mencuci karpet di rumah. Jika anda masih bingung atau kesulitan mengenai cara pencucian karpet, anda dapat menghubungi layanan laundry karpet BSD untuk mendapatkan penanganan secara maksimal.

Sumber : https://www.jnjlaundry.com/