Memahami kemasan yang baik bagi kesehatan – Mungkin sebagian orang ketika membeli makanan maupun minuman akan lebih fokus pada isi kandungan dan gizi yang di kandung.  Akan tetapi pernahkah kalian berpikir bahwa kemasan juga dapat mempengaruhi kesehatan bagi diri anda. Nah, asal kalian semua ketahui, tidak semua kemasan aman digunakan dan terbebas dari kandungan berbahaya lho sobat. Maka dari itu, disini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana memahami kemasan yang bagi bagi kesehatan kita.

Memahami kemasan yang baik bagi kesehatan

Pada umumnya kemasan makanan merupakan media yang digunakan guna melindungi makanan maupun minuman dari berbagai kerusakan, seperti terkontaminasi bakteri dari luar ataupun paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV. Setiap produk yang dijual dipasaran baik miniuman atau makanan biasanya dibungkus menggunakan kemasan yang terbuat dari material kertas, plastik, dan styrofoam.

Saat ini sudah terdapat sebuah kemasan makanan yang berlabel food grade. Food grade merupakan  label standar pada kemasan makanan di Indonesia. Jadi, untuk kalian yang membeli makanan usahakan carilah makanan yang media pembungkusnya menggunakan standar food grade, agar makanan yang kalian makan kualitasnya terjaga dan sudah pasti menyehatkan.

Dalam beberapa kasus yang ada, makanan yang dijual dipasaran terutama makanan pejalan kaki lima, sering sekali menggunakan kemasan makanan yang sangat tidak memenuhi standar kemasan food grade. Jadi, ketika sebuah kemasan makanan tidak memenuhi standar food grade berarti kemasan tersebut dapat dikatakan tak layak untuk digunakan, menurut BPOM.

Nah untuk kalian yang masih bingung memilih kemasan apa yang aman digunakan dan sehat bagi diri kita, berikut kami rangkum beberapa penjelasan mengenai kriteria kemasan yang aman digunakan :

  1. KEDAP UDARA

Sebelum kalian memilih untuk membuat ataupun membeli kemasan makanan, pastikan produknya kedap udara. Pasalnya, makanan dan minuman harus tersimpan dalam kemasan kedap udara, agar mencegah terkontaminasinya bakteri dari luar. Makanan dan minuman yang tidak dikemas secara benar, dapat membuka peluang bakteri untuk masuk dan mengontaminasi produk yang kalian jual.

  1. KEMASAN TIDAK RUSAK ATAUPUN PENYOK

Mungkin disini sebagian dari kalian banyak yang beranggapan bahwa kemasan penyok sedikit tidak bermasalah isinya sama saja, akan tetapi janganlah menganggap remeh hal tersebut. Kalian harus memperhatikan terlebih dahulu kemasan produk yang akan dibeli. Jika kemasan makanan yang kalian dapati rusak, robek ataupun penyok maka ada kemungkinan produk yang ada di dalamnya sudah terpapar udara dari luar atau terkena paparan sinar matahari dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini dapat mengakibatkan warna dan cita rasa pada makanan dapat berubah.

  1. PILIH PRODUK YANG TERDAFTAR BPOM

Sebelum kalian membeli makanan maupun minuman, kami sarankan kepada kalian semua untuk selalu mengecek label, izin edar, dan tanggal kadaluarsa. Ketika kalian mengecek terlebih dahulu sangatlah berguna untuk memastikan keamanan kandungan pada makanan atau minuman sekaligus menjadi pedoman bagi kalian untuk memilih kemasan makanan dan minuman yang aman bagi kesehatan.

Berikut merupakan beberapa penjelasan dari saya mengenai kemasan yang baik bagi kesehatan. Kesimpulan dari artikel kami kali ini, janganlah menganggap remeh kemasan seperti apa yang menjadi media untuk mengemas makanan yang kita beli. Pastikan izin edar, tanggal kadaluarsa dan untuk pelaku usaha makanan, pastikan kalian membuat kemasan makanan  yang sesuai dengan standar yang sudah ada.

Sumber : https://www.tab-packaging.co.id/