Pastikan kemasan anda memiliki kriteria ini – Kemasan sebuah produk dengan makanan merupakan hal yang tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan sehari – hari. Pasti anda pernah berbelanja di pasar tradisional maupun supermarket kan, setiap belanjaan yang anda bawa pastinya menggunakan kemasan bukan. Bahkan dalam menyimpan makanan dirumah pun kalian menggunakan kemasan.

Untuk itu disini saya himbau berhati – hati lah dalam pemilihan kemasan makanan untuk keluarga dan diri anda. Pastikanlah kemasan yang anda gunakan memiliki kriteria yang aman untuk digunakan. Sekarang ini banyak sekali kemasan produk yang disediakan oleh penjual makanan untuk mengemas produk yang ia jual. Namun, menurut data riset BPOM ada kemasan yang tidak memenuhi standar penggunaan atau bisa kita katakan tidak aman digunakan.

Pastikan kemasan anda memiliki kriteria ini

Perlu anda ingat bahwa kemasan makanan itu berguna untuk melindungi makanan yang dikemas dari kontaminasi zat berbahaya, jika kemasannya saja sudah berbahaya apa kabar dengan makanan yang dikemasnya. Jadi kita harus teliti dalam pemilihan kemasan yang baik untuk kita gunakan. Selain sebagai media wadah atau pembungkus, kemasan juga dapat kita manfaatkan sebagai daya tarik konsumen.

Seiring dengan berkembangnya berbagai bahan dalam pembuatan kemasan makanan, sekarang ini keamanan kemasan produk mulai diperhatikan oleh konsumen. Terlebih lagi sekarang ini gaya hidup sehat sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia walaupun tidak semuanya. Masyarakat tidak hanya memilih bahan baku yang tepat dalam membuat makanan, namun kemasan produk yang sehat juga menjadi perhatian lebih oleh masyarakat kita sekarang ini.

Nah, berikut ini saya rangkum beberapa penjelasan mengenai kriteria yang harus anda perhatikan dalam pemilihan kemasan makanan yang baik. Simak artikel saya ini sampai akhir agar dapat menambah wawasan da pengetahuan anda mengenai kemasan yang baik untuk anda gunakan.

  1. Tidak beracun
  2. Kedap udara
  3. Kedap air
  4. Mudah dibuka dan ditutup
  5. Anti mikroba
  6. Mudah dibuang
  7. Dapat mencegah kebocoran produk
  8. Tidak merusak lingkungan
  9. Cocok degan produk yang dikemasnya
  10. Memenuhi kebutuhan ukuran, berat serta bentuk

Timbulnya kepedulian konsumen akan kemasan makanan tersebut menjadikan para pelaku bisnis khususnya yang bergerak dalam bidang kuliner harus menyediakan serta menggunakan kemasan yang sehat dan aman sesuai dengan standar yang sudah dianjurkan oleh permerintah Indonesia.

Dengan kepedulian konsumen, produsen, serta pelaku usaha kuliner dalam menyediakan dan menggunakan kemasan makanan yang sehat dan aman diharapkan bisa menjadi sebuah peningkatan yang baik dalam dunia bisnis kuliner di Indonesia.

Untuk pelaku usaha di Indonesia saya harap jangan hanya memperhaitkan keuntungan yang di dapat saja. Kalian juga harus memperhatikan kesehatan serta keamanan dari makanan yang anda jual. Semoga artikel yang saya buat kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Sumber : https://www.tab-packaging.co.id/