Strategi Bisnis Digital Marketing – Digital marketing menjadi salah satu teknik yang sangat ampuh di era modern. Menggunakan teknik pemasaran tradisional sudah tak efektif lagi bagi pasar yang sudah sebagaian besar beralih keteknologi komunikasi terkini. Di era serba modern saat ini, pemasaran menggunakan media digital menjadi sangat penting, sebab jika kita melakukan pemasaran melalui dunia digital kita akan lebih mudah untuk mengakses ke lebih banyak orang.

Strategi Bisnis Digital Marketing

Digital marketing itu sendiri merupakan salah satu teknik pemasaran yang memanfaatkan media digital. Tujuan dari pemasaran ini tentunya untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini juga memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar maupun teknologi.

Perbedaan antara Digital Marketing dan Tradisional Marketing

Pada umumnya keduanya memiliki tujuan yang sama untuk memasarkan suatu produk. Pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk kepada khalayak banyak dengan menggunakan berbagai macam strategi. Berikut merupakan beberapa perbedaan antara Tradisional Marketing dengan Digital Marketing.

1. Target Pada Pemasaran

Berbeda dengan traditional marketing, digital marketing memiliki target pemasaran yang lebih luas. Tidak hanya satu daerah saja, kalian dapat memiliki target pemasaran nasional hingga internasional. Pemanfaatan internet sebagai media pemasaran berdampak pada jangkauan yang didapat dari digital marketing lebih terbuka luas. Siapapun yang menggunakan internet dapat menjadi target pemasaran kalian.

2. Waktu dan Biaya

Pemasaran secara tradisional akan banyak memakan waktu dan biaya. Berbeda dengan pemasaran secara digital, melalui digital marketing proses pembuatan iklan akan lebih cepat. Kalian dapat menentukan sendiri kapan waktu untuk beriklan, berapa lama kalian beriklan tanpa menunggu antrian dan proses pembuatan iklan dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Kalian juga dapat mengatur berapa budget iklan kalian dan menentukan sendiri jangkauan iklan yang kalian inginkan. Dengan digital marketing semua dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

3. Cara Komunikasi

Interaksi yang terjadi pada marketing secara tradisional hanya bersifat satu arah sedangkan melalui digital marketing kalian dapat mengetahui respon orang-orang yang melihat iklan kalian. Jika hasilnya tidak memuaskan, kalian dapat melihat apa kelemahan iklan kalian sehingga dapat diperbaiki dan dipasarkan ulang untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Strategi Digital Marketing

Untuk strategi digital marketing sangatlah banyak diantaranya, Search Engine Optimization (SEO), Sosial Media Marketing (SMM), Pay Per Click (PPC). Untuk semua strategi itu memang sangatlah sulit untuk dilakukan kalian membutuhkan jasa pembuatan website tangerang ataupun jasa lainnya sesuai kota masing – masing. Berikut penjelasan mengenai perihal di atas.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization atau lebih sering disebut SEO adalah sebuah usaha yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimasi website kalian agar lebih mudah ditemukan di hasil pencarian. Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Website kalian bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. Terdapat 2 teknik SEO, yaitu on-page SEO dan off-page SEO.

Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on-page (hal-hal mengenai website kalian) dan off-page (seberapa populer website kalian). Sederhananya, kategori peringkat kalian ditentukan oleh faktor on-page dan seberapa tinggi peringkat kalian dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off-page.

Dalam on-page SEO, tips yang biasanya diberikan adalah mengenai kecepatan loading halaman, konten, kualitas konten, eksternal links, judul serta deskripsi, dan lainnya. Sedangkan dalam off-page, kalian akan diberikan tips mengenai link building, social media marketing, dan social bookmarking. Untuk SEO ini kalian tidak dapat melakukannya sendiri, kalian dapat mempercayakannya kepada jasa seo tangerang untuk mengolahnya agar terlaksana dengan baik.

2. Sosial Media Marketing (SMM)

Social media marketing merupakan kegiatan mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial menggunakan strategi tertentu. Definisinya memang cukup sederhana, yaitu mempromosikan produk atau layanan di media sosial. Akan tetapi, inti sebenarnya dari social media marketing terletak pada strateginya.

Kalian tidak bisa hanya sekadar membuat akun bisnis di media sosial lalu membuat konten tanpa strategi. Diperlukan riset untuk menentukan kanal media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis kalian. Kalian juga harus menetapkan tujuan dan metrik yang jelas untuk mengukur keberhasilan strategi social media marketing kalian.

3. Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan kependekan dari Pay per click, salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Pay per click merupakan salah satu model iklan yang cocok diterapkan saat ini, mengingat mayoritas penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet. Selain itu, model iklan ini juga lebih efektif, lebih efisien, dan lebih ekonomis dibanding model iklan konvensional. Tersedia berbagai pilihan untuk membuat iklan PPC, dari Google Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads.

Demikian ulasan dari saya mengenai strategi digital marketing. Digital marketing sudah sangat terbukti meningkatkan efektivitas penjualan dan keuntungan bisnis offline maupun online. Selain itu, digital marketing juga bisa diterapkan baik bagi bisnis skala kecil maupun skala besar. Jadi tidak ada alasan lagi bagi pemilik bisnis untuk mengabaikan digital marketing. Tunggu apa lagi, mulailah kesuksesan bisnis online kalian dengan digital marketing sekarang juga. Jika anda bingung dalam menerapkan strategi ini, kalian dapat konsultasikan kepada layanan jasa pembuatan website tangerang atau layanan jasa lainnya.

Simak Lebih Lanjut : Pelayanan Jasa Seo Tangerang Terbaik